tentang printer
Find best premium and Free Joomla templates at GetJoomlaTemplatesFree.com

tentang printer

Ada beberapa jenis printer yang salah satunya mungkin sesuai dengan kebutuhan komputasi kita, tergantung apa yang akan kita cetak,text ,gambar atau photo,hitam putih atau berwarna.

  • Inkjet Printers

Printer jenis ini bekerja dengan cara menyemprotkan titik titik kecil tinta ke kertas atau media cetak lainnya. Proses ini bisa menghasilkan hasil cetakan hitam putih dan juga gambar berwarna, hasil cetakan photo juga bisa lumayan bagus.

 

Pada dasarnya printer inkjet memiliki tiga warna yaitu cyan, magenta dan yellow (CMY),ketiga warna tersebut  biasanya ditampung dalam satu katrid (catrigde),sedangkan catrigde yang satunya hanya berisi tinta hitam.

Sekarang ini banyak beredar dipasaran ,printer inkjet dengan satu catrigde untuk masing masing warna, bahkan dengan kombinasi warna yang lebih lengkap (CMYK). Dengan tehnologi 4 warna hasil cetakan untuk gambar dan photo menjadi semakin berkualitas. Sayangnya printer jenis ini sedikit kurang memuaskan untuk cetak teks.

Kecepatan printer jenisi ini mencapai 2-6 lembar untuk cetak text dan 1-2 lembar permenit untuk cetak gambar atau grafis.

Harga personal inkjet printer dari yang $60 sampai yang lumayan mahal $600.

  • Color Laser Printers

Pilihan lain untuk cetak warna yang lebih bagus adalah printer laser warna, printer jenis ini bisa menghasilkan cetakan photo berwarna dengan kualitas tinggi. Sama bagusnya dengan hasil cetakan untuk text. Kecepatannya bisa mencapai 25-35 lembar permenit (PPM) untuk text , dan 5 – 25 lembar permenit untuk cetak gambar atau grafis.

 Hasil seperti itu tentu harus ditebus dengan harga yang lebih mahal, dari $500 sampai $1000.

  • Monochrome Lasers

Printer laser yang bekerja dengan konsep mirip kerja mesin photokopi, adalah printer laser monokrom. Printer jenis ini bisa mencetak text dengan kecepatan 25-35 PPM,harga berkisar antara $200 sampai $300.

  • Multifunction Printers

Printer multifungsi mengkombinasikan antara keperluan cetak,scanning,photocopy,dan fax dalam sebuah produk. Membeli printer jenis ini tentu lebih hemat daripada membeli masing2 mesin untuk setiap keperluan diatas.

 Hanya saja kalau salah satu dari fitur ngadat, fitur lainya juga biasanya ikut ngadat.

hal hil dan hil hal yang sebaiknya dipertimbangkan sebelum membeli printer

  1. resolusi ,berapa dpi (dot per inch) kekuatan maksimal printer dan sesuaikan dengan kebutuhan anda
  2. kecepatan cetak. berapa kebutuhan anda terhadap kecepatan,semakin butuh yang cepat,semakin banyak budget yang harus disediakan
  3. paper handling, kemampuan printer menangani beragam jenis kertas, karena ada beberapa printer yang tidak didesain untuk mencetak dengan kertas tebal
  4. kompatibiltas,tidak semua printer cocok dengan sistem operasi dikomputer anda,telitilah spesifikasinya terlebih dahulu
  5. ketersediaan suku cadang dan dukungan service centre dari produsen printer

semoga bermanfaat.

Comments   

 
0 #1 BIBE NGANDAM 2012-07-13 10:05
:D TRIMAKASIH INFONYA
Quote
 
 
0 #2 Abu Zaed 2012-07-22 12:02
sama sama
Quote
 
 
0 #3 furqon 2012-09-12 04:59
amazing :lol:
Quote
 

Add comment


Security code
Refresh